Tafsir Singkat Surat Al Falaq dan Terjemah Artinya

tafsir singkat surat al falaq

Surat Al Falaq adalah surat ke-113 dalam Al Qur’an. Surat yang terdiri dari 5 ayat ini merupakan surat Makkiyah. Berikut ini tafsir singkat Surat Al Falaq dan terjemahnya.

Terjemah Surat Al Falaq

قُلْ أَعُوذُ بِرَبِّ الْفَلَقِ . مِنْ شَرِّ مَا خَلَقَ . وَمِنْ شَرِّ غَاسِقٍ إِذَا وَقَبَ . وَمِنْ شَرِّ النَّفَّاثَاتِ فِي الْعُقَدِ . وَمِنْ شَرِّ حَاسِدٍ إِذَا حَسَدَ

Katakanlah: “Aku berlindung kepada Tuhan Yang Menguasai subuh, dari kejahatan makhluk-Nya, dan dari kejahatan malam apabila telah gelap gulita, dan dari kejahatan wanita-wanita tukang sihir yang menghembus pada buhul-buhul, dan dari kejahatan pendengki bila ia dengki”. (QS. Al Falaq: 1-5)

Baca: Surat Al Falaq Terjemah Per Kata

Nama-Nama Surat Al Falaq

Surat Al Falaq
Dinamakan Surat Al Falaq karena Allah menyebutkan di awal surat.

Surat Qul a’udzu Birabbil Falaq
Dinamakan Qul a’udzu Birabbil Falaq karena Allah membuka surat ini dengan kalimat tersebut.

Al Mu’awwidzah al Ula
Bersama surat An Nas, keduanya disebut muawwidzatain. Dua pelindung, dua penjaga. Karena keduanya memiliki fadhilah perlindungan dari jin dan sihir. Surat Al Falaq disebut Al Mu’awwidzah al Ula sedangkan Surat An Nas disebut Al Mu’awwidzah ats Tsaaniyah.

Baca: Isi Kandungan Surat Al Falaq

Tafsir Singkat Surat Al Falaq

قُلْ أَعُوذُ بِرَبِّ الْفَلَقِ

Katakanlah: “Aku berlindung kepada Tuhan Yang Menguasai subuh, (QS. Al Falaq: 1)

Katakanlah wahai utusan-Ku dan ajarkanlah juga kepada mereka. Aku berlindung Tuhan Yang Menguasai Al Falaq. Sebagian ulama menafsirkan al falaq sebagai pagi atau subuh. Ibnu Abbas mengatakan al falaq artinya makhluk.

Sebagian ulama lainnya menafsirkan al falaq dalam pengertian luas. Yakni segala sesuatu yang terbelah; tanah dibelah oleh tumbuhan, tanah terbelah oleh mata air, biji-bijian juga terbelah, fajar yang membelah malam.

Apa pun penafsiran al falaq, rabbul falaq adalah Allah Subhanahu wa Ta’ala. Maka kepada-Nyalah manusia memohon perlindungan.

مِنْ شَرِّ مَا خَلَقَ

dari kejahatan makhluk-Nya, (QS. Al falaq: 2)

Berlindung kepada Allah Rabbul falaq dari kejahatan makhluk-Nya. “Yakni dari kejahatan semua makhluk,” tulis Ibnu Katsir.

وَمِنْ شَرِّ غَاسِقٍ إِذَا وَقَبَ

dan dari kejahatan malam apabila telah gelap gulita, (QS. Al Falaq: 3)

Berlindung kepada Allah Rabbul falaq dari kejahatan yang terjadi di waktu malam. Sebab banyak kejahatan yang berlangsung di malam hari. Pencurian, perampokan, hingga dunia malam.

وَمِنْ شَرِّ النَّفَّاثَاتِ فِي الْعُقَدِ

dan dari kejahatan wanita-wanita tukang sihir yang menghembus pada buhul-buhul, (QS. Al Falaq: 4)

Berlindung kepada Allah Rabbul falaq dari perempuan-perempuan tukang sihir yang meniup-niup pada buhul-buhul dalam rangka menyihir. Mujahid, Ikrimah, Al Hasan dan Qatadah mengatakan bahwa yang dimaksud ayat ini adalah wanita-wanita penyihir.

وَمِنْ شَرِّ حَاسِدٍ إِذَا حَسَدَ

dan dari kejahatan pendengki bila ia dengki”. (QS. Al Falaq: 5)

Juga berlindung kepada Allah Rabbul falaq dari kejahatan orang yang hasad. Khususnya ketika hasad itu dicetuskan dalam bentuk ucapan atau perbuatan.

Demikian tafsir singkat Surat Al Falaq dan terjemah artinya. Tafsir lengkap bisa dibaca di artikel Surat Al Falaq. Wallahu a’lam bish shawab. []

 < SebelumnyaBerikutnya >
Tafsir Singkat Surat Al IkhlasTafsir Singkat Surat An Nas