Tafsir Singkat Surat Al Hujurat Ayat 10 dan Terjemah Artinya

tafsir singkat surat al hujurat ayat 10

Surat Al Hujurat ayat 10 adalah ayat tentang ukhuwah (persaudaraan). Berikut ini tafsir singkat Surat Al Hujurat ayat 10 dan terjemah artinya.

Terjemah Surat Al Hujurat Ayat 10

إِنَّمَا الْمُؤْمِنُونَ إِخْوَةٌ فَأَصْلِحُوا بَيْنَ أَخَوَيْكُمْ وَاتَّقُوا اللَّهَ لَعَلَّكُمْ تُرْحَمُونَ

Orang-orang beriman itu sesungguhnya bersaudara. Sebab itu damaikanlah (perbaikilah hubungan) antara kedua saudaramu itu dan takutlah terhadap Allah, supaya kamu mendapat rahmat. (QS. Al Hujurat: 10)

Baca juga: Tafsir Singkat Surat Al Maidah Ayat 48

Tafsir Singkat Surat Al Hujurat Ayat 10

Surat Al Hujurat ayat 10 diawali dengan kata innama (إنما) yang merupakan adatul hashr (kata pembatas). Seakan-akan tidak ada jalinan hubungan antar orang beriman kecuali persaudaraan.

إِنَّمَا الْمُؤْمِنُونَ إِخْوَةٌ

Orang-orang beriman itu sesungguhnya bersaudara.

Kata ikhwah (إخوة) merupakan bentuk jamak dari kata akh (أخ), yang artinya saudara. Kata ikhwah umumnya dipakai untuk persaudaraan sekandung, sedangkan kata ikhwan (إخوان) yang juga bentuk jamak dari kata akh, dipakai untuk persaudaraan yang tidak sekandung. Seakan-akan ayat ini menjelaskan bahwa persaudaraan kaum mukminin lebih kuat daripada ikatan darah saudara kandung.

“Tali ikatan persaudaraan seagama lebih kuat daripada ikatan persaudaraan nasab,” kata Imam Al Qurthubi. “Sebab ikatan persaudaraan nasab terputus karena berbeda agama sedangkan ikatan persaudaraan seagama tidak akan terputus karena berbeda nasab.”

فَأَصْلِحُوا بَيْنَ أَخَوَيْكُمْ

Sebab itu damaikanlah (perbaikilah hubungan) antara kedua saudaramu itu

Pertikaian –apalagi peperangan- antara kaum mukminin merupakan bentuk kezaliman. Ibarat tubuh yang sakit. Maka mukmin lainnya harus berusaha untuk mendamaikan keduanya.

وَاتَّقُوا اللَّهَ لَعَلَّكُمْ تُرْحَمُونَ

dan bertaqwalah kepada Allah, supaya kamu mendapat rahmat.

Mendamaikan kaum mukminin adalah manifestasi ketaqwaan. Mendamaikan kaum mukimin juga harus di atas landasan taqwa. Pun dalam segala urusan, bertaqwalah kepada Allah. Dengan taqwa, manusia akan mendapatkan rahmat Allah.

Baca juga: Ayat Kursi

Penutup

Dalam Tafsir Fi Zilalil Quran, Sayyid Qutb menjelaskan bahwa Surat Al Hujurat ayat 10 ini merupakan sentuhan atas kalbu orang-orang yang beriman supaya menghidupkan ikatan yang kuat di antara mereka. Yaitu ikatan yang menyatukan setelah mereka bercerai berai. Ikatan yang menautkan hati setelah bermusuhan. Dan mengingatkan untuk bertaqwa kepada Allah sehingga mendapatkan rahmat-Nya.

Untuk penjelasan lebih lengkap beserta isi kandungan ayat ini, silakan baca di artikel Surat Al Hujurat ayat 10. Wallahu a’lam bish shawab. [Muchlisin BK/QuranHadits.id]