Tafsir Singkat Surat Al Mujadalah Ayat 11 dan Terjemah Per Kata

tafsir singkat surat al mujadalah ayat 11

Surat Al Mujadalah ayat 11 adalah ayat tentang keutamaan orang berilmu. Berikut ini terjemah per kata dan tafsir singkat Surat Al Mujadalah ayat 11.

Terjemah Surat Al Mujadalah Ayat 11

يَا أَيُّهَا الَّذِينَ آَمَنُوا إِذَا قِيلَ لَكُمْ تَفَسَّحُوا فِي الْمَجَالِسِ فَافْسَحُوا يَفْسَحِ اللَّهُ لَكُمْ وَإِذَا قِيلَ انْشُزُوا فَانْشُزُوا يَرْفَعِ اللَّهُ الَّذِينَ آَمَنُوا مِنْكُمْ وَالَّذِينَ أُوتُوا الْعِلْمَ دَرَجَاتٍ وَاللَّهُ بِمَا تَعْمَلُونَ خَبِيرٌ

Hai orang-orang beriman apabila dikatakan kepadamu: “Berlapang-lapanglah dalam majlis”, maka lapangkanlah niscaya Allah akan memberi kelapangan untukmu. Dan apabila dikatakan: “Berdirilah kamu”, maka berdirilah, niscaya Allah akan meninggikan orang-orang yang beriman di antaramu dan orang-orang yang diberi ilmu pengetahuan beberapa derajat. Dan Allah Maha Mengetahui apa yang kamu kerjakan. (QS. Al Mujadalah: 11)

Baca juga: Tafsir Singkat Surat Az Zumar Ayat 53

Terjemah Per Kata

Berikut ini terjemah per kata Surat Al Mujadalah ayat 11.

wahaiيَا أَيُّهَا
orang-orang yangالَّذِينَ
mereka berimanآمَنُوا
apabilaإِذَا
dikatakanقِيلَ
kepada kalianلَكُمْ
berlapang-lapanglahتَفَسَّحُوا
di dalamفِي
majelisالْمَجَالِسِ
maka lapangkanlahفَافْسَحُوا
melapangkanيَفْسَحِ
Allahاللَّهُ
kepada kalianلَكُمْ
danوَ
apabilaإِذَا
dikatakanقِيلَ
bangunlah kalianانْشُزُوا
maka bangunlahفَانْشُزُوا
mengangkatيَرْفَعِ
Allahاللَّهُ
orang-orang yangالَّذِينَ
mereka berimanآمَنُوا
di antara kalianمِنْكُمْ
danوَ
orang-orang yangالَّذِينَ
mereka diberiأُوتُوا
ilmuالْعِلْمَ
beberapa derajatدَرَجَاتٍ
danوَ
Allahاللَّهُ
terhadap apaبِمَا
yang kalian kerjakanتَعْمَلُونَ
Maha mengetahui, Maha telitiخَبِيرٌ

Baca juga: Tafsir Singkat Surat Al Falaq

Tafsir Singkat Surat Al Mujadalah Ayat 11

Surat Al Mujadalah ayat 11 diawali dengan penjelasan mengenai adab majelis.

يَا أَيُّهَا الَّذِينَ آمَنُوا إِذَا قِيلَ لَكُمْ تَفَسَّحُوا فِي الْمَجَالِسِ فَافْسَحُوا يَفْسَحِ اللَّهُ لَكُمْ ۖ وَإِذَا قِيلَ انْشُزُوا فَانْشُزُوا

Hai orang-orang beriman apabila dikatakan kepadamu: “Berlapang-lapanglah dalam majlis”, maka lapangkanlah niscaya Allah akan memberi kelapangan untukmu. Dan apabila dikatakan: “Berdirilah kamu”, maka berdirilah,

Hendaklah setiap orang berlapang-lapang dalam majelis. Tidak mengambil tempat duduk kecuali seperlunya dan mempersilakan orang lain agar bisa duduk di majelis jika masih memungkinkan.

Ayat ini juga menunjukkan keutamaan memberikan kelapangan kepada orang lain. Yakni, Allah akan memberi kelapangan untuknya. Demikian pula orang yang memberikan tempat duduk kepada orang lain.

Selain itu, hendaklah pula seseorang memberikan tempat yang wajar serta mengalah kepada orang-orang yang dihormati dan orang-orang yang lemah. Dalam konteks asbabun nuzul ayat ini, para sahabat ahli badar adalah orang-orang yang memiliki keutamaan dan kedudukan mulia dalam Islam karena jasa besar mereka dalam perjuangan. Karenanya, Rasulullah memberikan tempat khusus kepada mereka.

Namun, secara umum, ada larangan menyuruh seseorang untuk pindah dari tempat duduknya untuk ia tempati.

لاَ يُقِمِ الرَّجُلُ الرَّجُلَ مِنْ مَجْلِسِهِ ثُمَّ يَقْعُدْ فِيهِ

Janganlah seseorang menyuruh berdiri orang lain dari majlisnya lalu ia duduk menggantikannya. (HR. Ahmad)

Berikutnya, ayat ini menunjukkan keutamaan orang-orang yang beriman dan berilmu.

يَرْفَعِ اللَّهُ الَّذِينَ آمَنُوا مِنْكُمْ وَالَّذِينَ أُوتُوا الْعِلْمَ دَرَجَاتٍ

niscaya Allah akan meninggikan orang-orang yang beriman di antaramu dan orang-orang yang diberi ilmu pengetahuan beberapa derajat.

“Iman dan ilmu itu mengantarkan seseorang kepada derajat yang tinggi di sisi Allah. Derajat ini merupakan imbalan atas tempat yang diberikannya dengan suka hati dan atas kepatuhan kepada Rasulullah,” tulis Sayyid Qutb dalam Tafsir Fi Zhilalil Qur’an.

وَاللَّهُ بِمَا تَعْمَلُونَ خَبِيرٌ

Dan Allah Maha Mengetahui apa yang kamu kerjakan.

Allah Maha Mengetahui segala yang manusia lakukan. Termasuk motivasi yang melatarbelakanginya. Seluruhnya itu akan Allah kabarkan di akhirat nanti dan akan Dia beri balasan yang adil.

Baca juga: Ayat Kursi

Penutup

Ayat ini memotivasi orang-orang beriman untuk menuntut ilmu dan menjadi orang-orang yang berilmu. Dengan ilmu, Allah meninggikan seseorang beberapa derajat.

Ayat ini juga mengajarkan adab majelis. Di antaranya berlapang-lapang dan memberikan kelapangan kepada orang lain agar bisa duduk di majelis tersebut. Pemimpin majelis boleh memerintahkan seseorang untuk pindah guna memberikan tempat kepada orang yang dimuliakan. Dan hendaklah orang yang diperintah mentaati pemimpin majelis, yang dengan demikian Allah akan memberinya kelapangan.

Untuk penjelasan lebih lengkap beserta isi kandungan ayat ini, silakan baca di artikel Surat Al Mujadalah Ayat 11. Wallahu a’lam bish shawab. [Muchlisin BK/QuranHadits.id]