Tafsir Singkat Surat Ar Rahman Ayat 33 dan Terjemah Per Kata

tafsir singkat surat ar rahman 33

Surat Ar Rahman ayat 33 adalah ayat yang memotivasi untuk menguasai sains dan teknologi. Berikut ini terjemah per kata dan tafsir singkat Surat Ar Rahman ayat 33.

Terjemah Surat Ar Rahman Ayat 33

يَا مَعْشَرَ الْجِنِّ وَالْإِنْسِ إِنِ اسْتَطَعْتُمْ أَنْ تَنْفُذُوا مِنْ أَقْطَارِ السَّمَاوَاتِ وَالْأَرْضِ فَانْفُذُوا لَا تَنْفُذُونَ إِلَّا بِسُلْطَانٍ

Hai jama’ah jin dan manusia, jika kamu sanggup menembus (melintasi) penjuru langit dan bumi, maka lintasilah, kamu tidak dapat menembusnya kecuali dengan kekuatan. (QS. Ar Rahman: 33)

Baca juga: Tafsir Singkat Surat Al Mujadalah Ayat 11

Terjemah Per Kata

Berikut ini terjemah per kata Surat Ar Rahman ayat 33.

wahaiيَا
golonganمَعْشَرَ
jinالْجِنِّ
danوَ
manusiaالْإِنْسِ
jikaإِنِ
kalian mampuاسْتَطَعْتُمْ
bahwaأَنْ
kalian menembus, melintasiتَنْفُذُوا
dariمِنْ
penjuruأَقْطَارِ
langitالسَّمَاوَاتِ
danوَ
bumiالْأَرْضِ
maka tembuslah, lintasilahفَانْفُذُوا
tidakلَا
kalian dapat menembusتَنْفُذُونَ
kecualiإِلَّا
dengan kekuasaan, ilmuبِسُلْطَانٍ

Baca juga: Tafsir Singkat Surat Al Falaq

Tafsir Singkat Surat Ar Rahman Ayat 33

Surat Ar Rahman ayat 33 ini menyeru jin dan manusia.

يَا مَعْشَرَ الْجِنِّ وَالْإِنْسِ

Hai jama’ah jin dan manusia,

Jin disebutkan lebih dulu daripada manusia karena jin memiliki kemampuan lebih besar dalam mengarungi angkasa. Sebagaimana dalam Surat Al Jin, bahwa mereka sejak dulu telah sanggup mengarungi angkasa untuk mencuri berita langit. Namun kemudian Allah melempari mereka dengan panah api sebagaimana ayat 9 surat itu.

إِنِ اسْتَطَعْتُمْ أَنْ تَنْفُذُوا مِنْ أَقْطَارِ السَّمَاوَاتِ وَالْأَرْضِ فَانْفُذُوا

jika kamu sanggup menembus (melintasi) penjuru langit dan bumi, maka lintasilah

Ada tiga pendapat mengenai ayat ini. Pertama, berkaitan dengan ketidakmampuan manusia lari dari takdir Allah dan kekuasaan-Nya.

Kedua, berkaitan dengan keadaan pada hari kiamat nanti, terutama di yaumul mahsyar. Saat itu, manusia tidak akan mampu meloloskan diri.

Ketiga, berkaitan dengan kemampuan manusia menjelajah ruang angkasa. Allah Subhanahu wa Ta’ala mempersilakan jika manusia hendak melintasi langit dan bumi. Penafsiran ketiga ini kita dapati dalam Tafsir Al Azhar karya Buya Hamka.

لَا تَنْفُذُونَ إِلَّا بِسُلْطَانٍ

kamu tidak dapat menembusnya kecuali dengan kekuatan.

Buya Hamka menjelaskan bahwa kekuatan manusia sangat terbatas. Dan kekuatan itu juga pemberian dari Allah, Sang Pemilik kekuatan.

Baca juga: Ayat Kursi

Penutup

Selain menegaskan bahwa manusia tidak mampu lari dari takdir Allah, kekuasaan, dan pembalasan-Nya, Surat Ar Rahman ayat 33 ini juga memotivasi manusia untuk menguasai sains dan teknologi. Dengan sains dan teknologi, manusia bisa ke luar angkasa dan menjelajah alam semesta.

Namun, Allah mengingatkan di akhir ayat bahwa kekuatan manusia itu terbatas.

“Kalaulah manusia bisa sampai ke Venus, bisakah manusia mengetahui keadaan seluruh bintang. Padahal ada bintang yang jaraknya 100.000 tahun cahaya. Bahkan ada bintang yang jaraknya 1.000.000 tahun cahaya. Cahayanya masih terlihat saat ini tetapi bintangnya sendiri telah meninggalkan tempatnya sejak sekian ratus tahun ribu yang lalu,” kata Buya Hamka dalam Tafsir Al Azhar.

Untuk penjelasan lebih lengkap beserta isi kandungan ayat ini, silakan baca di artikel Surat Ar Rahman Ayat 33. Wallahu a’lam bish shawab. [Muchlisin BK/QuranHadits.id]