Tafsir Singkat Surat Az Zumar Ayat 53 dan Terjemah Per Kata

tafsir singkat surat az zumar ayat 53

Surat Az Zumar ayat 53 adalah ayat tentang optimisme dan larangan putus asa. Berikut ini terjemah per kata dan tafsir singkat Surat Az Zumar ayat 53.

Terjemah Surat Az Zumar Ayat 53

قُلْ يَا عِبَادِيَ الَّذِينَ أَسْرَفُوا عَلَى أَنْفُسِهِمْ لَا تَقْنَطُوا مِنْ رَحْمَةِ اللَّهِ إِنَّ اللَّهَ يَغْفِرُ الذُّنُوبَ جَمِيعًا إِنَّهُ هُوَ الْغَفُورُ الرَّحِيمُ

Katakanlah: “Hai hamba-hamba-Ku yang malampaui batas terhadap diri mereka sendiri, janganlah kamu berputus asa dari rahmat Allah. Sesungguhnya Allah mengampuni dosa-dosa semuanya. Sesungguhnya Dialah Yang Maha Pengampun lagi Maha Penyayang. (QS. Az Zumar: 53)

Baca juga: Tafsir Singkat Surat An Nur Ayat 2

Terjemah Per Kata

Berikut ini terjemah per kata Surat Az Zumar ayat 53:

Katakanlahقُلْ
wahaiيَا
hamba-hambaKuعِبَادِيَ
orang-orang yangالَّذِينَ
mereka melampaui batasأَسْرَفُوا
atasعَلَىٰ
diri mereka sendiriأَنْفُسِهِمْ
janganلَا
kalian berputus asaتَقْنَطُوا
dariمِنْ
rahmatرَحْمَةِ
Allahاللَّهِ
sesungguhnyaإِنَّ
Allahاللَّهَ
Dia Mengampuniيَغْفِرُ
dosa-dosaالذُّنُوبَ
seluruhnyaجَمِيعًا
sesungguhnya Diaإِنَّهُ
Diaهُوَ
Maha Pengampunالْغَفُورُ
Maha Penyayangالرَّحِيمُ

Baca juga: Tafsir Singkat Surat Al Falaq

Tafsir Singkat Surat Az Zumar Ayat 53

Allah Subhanahu wa Ta’ala melarang putus asa. Bahkan Dia memanggil orang-orang yang durhaka dengan sebutan hamba-hamba-Ku, menunjukkan betapa sayang Allah kepada makhluk-Nya.

قُلْ يَا عِبَادِيَ الَّذِينَ أَسْرَفُوا عَلَى أَنْفُسِهِمْ لَا تَقْنَطُوا مِنْ رَحْمَةِ اللَّهِ

Katakanlah: “Hai hamba-hamba-Ku yang malampaui batas terhadap diri mereka sendiri, janganlah kamu berputus asa dari rahmat Allah.

Ibnu Katsir menjelaskan, ayat ini merupakan seruan kepada para pendurhaka, termasuk orang-orang kafir, agar bertaubat dan kembali kepada Allah Subhanahu wa Ta’ala. Tidak berputus asa dari rahmat-Nya.

Sayyid Qutb dalam Tafsir Fi Zilalil Quran menjelaskan, ayat ini menyeru kepada harapan, optimisme, cita-cita dan kepercayaan akan ampunan Allah.

“Pada saat manusia berputus asa dan patah arang, ia mendengar seruan kasih sayang dan sapaan kelembutan Allah,” terang Sayyid Qutb.

إِنَّ اللَّهَ يَغْفِرُ الذُّنُوبَ جَمِيعًا

Sesungguhnya Allah mengampuni dosa-dosa semuanya.

Allah mengampui semua dosa tanpa peduli betapapun banyaknya. Asalkan pelakunya bertaubat kepada Allah. Bahkan dosa syirik dan kekafiran pun, kalau pelakunya bertaubat dengan masuk Islam, Allah mengampuni semuanya.

إِنَّهُ هُوَ الْغَفُورُ الرَّحِيمُ

Sesungguhnya Dialah Yang Maha Pengampun lagi Maha Penyayang.

Allah Maha Pengampun lagi Maha Penyayang. Dua asmaul husna disebutkan di akhir ayat ini. Bahwa betapa pun banyak dosa, ampunan Allah lebih luas. Dan ketika seseorang telah mendapatkan ampunan Allah, berikutnya Dia akan memberikan rahmat dan kasih sayang-Nya di akhirat kelak.

Baca juga: Ayat Kursi

Penutup

Ibnu Mas’ud menyebut Surat Az Zumar ayat 53 ini sebagai ayat Al-Qur’an yang paling menggembirakan. Mengapa? Sebab Allah meproklamirkan bahwa Dia mengampuni seluruh dosa. Maka ini adalah kesempatan bagi seluruh hamba untuk bertaubat. Bukankah Dia sendiri yang melarang manusia berputus asa dari rahmat dan ampunan-Nya?

Maka, tidakkah kita segera kembali kepada-Nya dengan bertaubat atas dosa-dosa kita? Bukankah Allah telah memanggil lembut kita dengan yaa ibaadii tanpa peduli betapa banyak dosa dan kemaksiatan yang telah kita lakukan? Hijrahlah, bertaubatlah.

Untuk penjelasan lebih lengkap beserta isi kandungan ayat ini, silakan baca di artikel Surat Az Zumar Ayat 53. Wallahu a’lam bish shawab. [Muchlisin BK/QuranHadits.id]